My Journal
Blog

Timeline

Blog

Cara Merawat Aki Mobil

Bicara perawatan mobil, tentu banyak sekali yang bisa dibahas, bisa bicara eksterior alias body, bisa bicara interior mobil seperti dashboard, bisa juga bicara mesin. Pada pembahasan kali ini saya akan coba membahas mengenai aki mobil. Aki mobil merupakan komponen yang sangat penting dalam hal kelistrikan di mobil. Tanpa aki mobil yang baik mobil akan mendapati banyak kendala. Beberapa kasus kerusakan mobil dapat dicari di mesin pencarian akibat aki mobil sangatlah banyak. Kerusakan pada aki mobil dapat merembet kemana-mana sampai bisa merusak ecu. Jika hal ini terjadi tentu memerlukan biaya yang cukup banyak. 

Mengatasi hal tersebut maka diperlukan perawatan yang tepat untuk aki mobil. Aki mobil perlu pengecekan rutin untuk memastikan bahwa ia berfungsi baik. 

Jangan sampai kita mengabaikannya dan tiba-tiba mobil mati di jalan padahal penyebabnya adalah kelalaian kita sendiri. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat aki agar tidak cepat rusak dan soak seperti tertulis dalam situs resmi Nissan Indonesia. 

1. Perhatikan Beban Penggunaan Aki Mobil

Pengecekan beban penggunaan aki mobil ini bisa dilakukan secara berkala. Tujuannya jika ada sesuatu yang salah pada aki mobil bisa ditangani dengan cepat. Pengecekan aki ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel terdekat. 

2. Membersihkan Aki Mobil Secara Berkala

Bukan cuma bagian luar mobil yang perlu dibersihkan, aki mobil juga, khususnya di bagian terminal. Terminal aki mobil biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki mobil adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

3. Sering Memanaskan Mobil

Rajin memanaskan mobil disebut sebagai cara terbaik merawat kesehatan aki mobil. Sekalipun tidak dipakai, mobil harus rajin dipanaskan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki mobil akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5 hingga 10 menit.

4. Memastikan Ketersediaan Listrik di Dalam Aki Mobil

Ketersediaan listrik dalam aki mobil bisa dikenali dengan mobil yang mulai sulit distarter. Jika gejala itu dialami, sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk dicek dan bisa diisi ulang. 

5. Lepas Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan dalam Jangka Waktu Lama

Saat mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka ada baiknya untuk melepaskan kabel aki mobil dari terminal penghubungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.