My Journal
Blog

Timeline

Blog

Tips Langkah Membeli Mobil Bekas

Untuk kamu yang sedang berburu mobil, terutama mobil bekas.Bagi orang yang pengen punya mobil tapi belum mempunyai cukup dana (seperti saya), tentu dapat membeli mobil bekas dengan harga yang jauh lebih terjangkau dari pada mobil baru. Bukan hal mudah membeli mobil bekas yang berkualitas. Terlebih saat ini makin banyak cara untuk mengubah mobil bekas berkualitas buruk menjadi nampak bagus. Mulai dari mobil yang dijual tapi bekas banjir, bekas tabrakan, hingga dokumen-dokumen ternyata palsu. Alhasil, banyak pembeli akhirnya kecewa padahal sudah mengeluarkan uang dengan jumlah tidak sedikit.

Meskipun berupa mobil bekas jika kamu mampu teliti dan tepat memilih mobil, kamu bisa saja mendapatkan mobil yang bagus dan berkualitas. Suatu keharusan bagi kamu untuk teliti sebelum membeli mobil bekas agar terhindar dari kerugian dan penipuan. Berikut beberapa panduan aman dalam membeli mobil bekas:

1. Tentukan tempat pembelian mobil.

Kamu dapat memilih dimana akan membeli mobil bekas, apakah ke pemilik mobil (pribadi), perantara (sales agen/broker), atau showroom/dealer. Apabila membeli pada pemilik mobil, ajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi latar belakang mobil sebanyak mungkin. Apabila membeli pada sales/broker, periksalah identitas mereka atau mintalah tanda pengenal (kartu nama) untuk memastikan bahwa mereka terpercaya dan menjual mobil dari perusahaan terdaftar. Apabila membeli pada showroom/dealer, carilah info melalui media online atau kerabat mengenai showroom/dealer tersebut.

2. Cari info harga pasaran / Jangan tergiur harga

Carilah informasi mengenai harga pasaran melalui kerabat ataupun situs-situs jual beli mobil. Patut dicurigai apabila Anda memperoleh harga yang sangat rendah dari harga pasaran karena kemungkinan kondisi mobil atau kelengkapan surat bermasalah.

3. Periksa eksterior dan interior mobil.

Lakukan pengecekan pada eksterior mobil seperti kondisi bodi, kaca, ban, dan lampu. Kemudian pada interior dan aksesoris mobil seperti AC, audio, jok, jendela, semua lampu dan kelengkapan lainnya.

4. Periksa performa mesin.

Kondisi mesin yang baik adalah mudah di starter, bunyi mesin terdengar halus dan tidak kasar. Setelah itu lakukan test drive pada kondisi jalan rata dan kurang rata untuk mengetahui kondisi kaki-kaki mobil dan mengecek kelancaran saat mengoper gigi. Sebaiknya kamu melakukan test drive bersama penjual agar penjual juga mengetahui kondisi mobilnya.

5. Periksa kelengkapan surat kendaraan.

Pastikan BPKB dan STNK adalah asli, mulai dari cap dan tanda tangan. Periksalah di bawah sinar matahari apakah terdapat hologram pada halaman pengesahan BPKB dan STNK. Tak lupa periksa nomor rangka dan nomor mesin apakah sesuai dengan yang tertera di BPKB dan STNK.

6. Ajak mekanik/kerabat yang mengerti mobil.

Apabila kamu kurang mengerti tentang seluk beluk mobil yang akan dibeli, tidak ada salahnya mengajak mekanik/kerabat untuk memeriksa kondisi mobil sebagai pertimbangan untuk meminimalisir kesalahan.

7. Transaksi Pembayaran.

Apabila terjadi kesepakatan pembelian, lakukan pembayaran secara aman baik transfer maupun tunai. Mintalah tanda terima pada penjual sebagai bukti  telah melakukan pembayaran dan pastikan nama kedua belah pihak adalah sama.

Teliti dan Jangan Terburu-buru

Membeli mobil adalah jumlah pengeluaran yang relatif mahal bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, sebagai calon pembeli, Anda harus benar-benar cermat sebelum melakukan transaksi.

Bandingkan semua pilihan yang ada, dan jangan terburu-buru. Gunakan tips memilih mobil bekas berkualitas di atas, teliti  dalam memeriksa kondisi mobil dan kelengkapan surat, maka Anda akan terhindar dari kerugian karena membeli mobil bekas bermasalah.