My Journal
Blog

Timeline

Blog

Perintah Dasar Mac OS

Seperti halnya OS (operating system) lainnya yang mempunyai perintah dasar aka command line. Kali ini ijinkan saya untuk mengulang beberapa perintah dasar yang ada di Mac OS. Terminal untuk Comnand Line, atau perintah-perintah untuk menggunakan komputer dengan teks jarang digunakan dan diketahui oleh para pengguna Mac. Meksi banyak sekali programmer dan developer yang menggunakannya. Kembali kepada fungsi komputer sebenarnya, mau digunakan untuk apa, seperti misalnya jika mau main Games ya belilah Windows. Sebab untuk bekerja dan tanpa ribet ini itu jelas tahu sendirilah mana komputer dengan sistem operasi yang cocok buat diri sendiri.

Beberapa langkah dasar yang harus dimiliki untuk menggunakan CLI atau Command Line Interface di Mac OS X bagi pengguna Linux tentu sangat mudah karena dengan basic skill tersebut pengguna Linux dapat melakukan banyak hal dengan komputer yang disayanginya.

Berikut beberapa dasar untuk menjalankan perintah terminal di Mac OS X, untuk membukanya cara termudah adalah dengan klik 'spotlight' di pojok kanan atas, gambar 'suryakantha' atau 'kaca pembesar' kemudian ketik 'Terminal'. Terminal akan terbuka dan tampilannya mirip dengan Putty, Terminal di Linux atau MS DOS Prompt. Hilangkan tanda kurung untuk menggunakannya.

Perintah Dasar Terminal Mac OS X

ls -la

Perintah untuk melihat isi direktori atau folder termasuk file yang tersembunyi.

cd [directory]

Masuk atau pindah ke direktori yang dimaksud misalnya cd /Applications akan membawa anda ke direktori Applications.

mv [file1] [file2]

mv atau kepanjangannya move akan mengganti nama atau memindahkan file tergantung penggunaannya.

cp [file] [tujuan]

Mengkopi sebuah file menjadi nama lain atau ke folder yang lain

cat [file] | more

Memperlihatkan konten dari file layar demi layar dan melihatnya konten lebih jauh dengan perintah 'more'

touch [file]

Menciptakan sebuah file dengan nama yang dituliskan tersebut, misalnya touch gambar.txt akan membuat sebuah file baru teks dengan nama gambar.

top

Menampilkan semua proses komputer yang berjalan, termasuk penggunaan memori dan CPU, PID adalah Process ID yang dapat dipanggil untuk menghentikan proses bila diperlukan.

ps -aux

Menampilkan lis seluruh proses yang dilakukan user, -ux akan menampilkan proses user yang menjalankan perintah ini.

kill -9 [pid]

Mematikan proses spesifik pada Process ID atau PID yang dituliskan, bisa menggunakan 'Force Quit' perintah yang ada di bawah logo apple kiri atas.

rm [file]

Perintah rm akan menghilangkan atau menghapus file atau direktori, tidak ada peringatan, jadi gunakan dengan kepastian.

ping [ip]

Melihat latency jaringan dengan melakukan ping ke IP lainnya.

say

Perintah say akan mengaktifkan suara Mac OS X, kemudian jika anda mengetik apapun misalnya 'hallo', maka Mac akan mengatakan dengan suara 'hallo'.

Tips menggunakan Terminal Apple Mac OS X
  • Gunakan Tab, tombol Tab akan memberikan autocomplete direktori dan nama file untuk anda.
  • Gunakan atau aktifkan warna di terminal, hal ini akan memudahkan ketika membrowsing file yang banyak.
  • Jika bingung, dengan perintah-perintah baru gunakan tambahan '--help' yang akan memberikan tampilan instruksi dasar penggunaan pada perintah tersebut.
  • Manual atau guide perintah pada banyak perintah terminal, gunakan untuk belajar dengan perintah man [command] misalnya, man rm
  • Jika terlalu banyak, dan penuh gunakan pemisah dengan perintah seperti ls -la |more
  • Eksport daftar list nama file di folder ke dalam berkas .txt misalnya dengan perintah: ls -la /Applications > applist.txt
  • Jika CPU terasa lambat atau kebanyakan menjalankan software, cek dengan perintah terminal 'top' untuk kemudian menghentikan proses yang tidak kita butuhkan dengan perintah 'kill'