Bersikap Lemah Lembut Juga Sedekah

Zakat, Infaq, Shodaqoh, Sedekah, Haryo Bayu

Salah satu amalan yang baik dan dianjurkan oleh nabi adalah sedekah. Sedekah pada hakekatnya bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, yang terpenting adalah rasa ikhlasNya yang semata mata dilakukan hanya karena Allah. Sedekah tidaklah harus selalu dalam bentuk harta, hal yang paling kecil pun bisa menjadi sedekah. 

Rasulullah SAW bersabda, “Tutur kata yang baik adalah sedekah.” (HR. Ahmad dan disebutkan oleh Al Bukhari secara mu’allaq dalam kitab shahihnya)

Melalui tutur kata yang baik kita bisa membuat suasana jadi lebih nyaman, bisa menyenangkan hati orang lain. Anjuran Allah mengenai tutur kata yang baik lemah lembut ,mengatur sikap untuk tidak kasar tertuang dalam

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ الله لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظّاً غَلِيظَ القلب لاَنْفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ
“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS. Ali Imron: 159).
Ibnu Baththol mengatakan, “Tutur kata yang baik adalah sesuatu yang dianjurkan dan termasuk amalan kebaikan yang utama. Karena Nabi SAW menjadikannya sebagaimana sedekah dengan harta. Antara tutur kata yang baik dan sedekah dengan harta dapat menyenangkan orang yang diberi sedekah. Sedangkan tutur kata yang baik juga akan menyenangkan mukmin lainnya dan menyenangkan hatinya. Dari sisi ini, keduanya memiliki kesamaan (yaitu sama-sama menyenangkan orang lain).” (Syarh Shahih Bukhari Ibnu Baththol).
____________________________
for seo :
tutur kata, tutur kata baik, tutur kata sopan, sedekah, lemah lembut, anjuran lemah lembut, sikap lemah lembut, sikap muslim, tidak berlaku kasar, tidak kasar, menjaga tutur kata 

You may also like